Membangunkan horor yang tidur di gedung bekas rumah sakit


Film ini akhirnya terlihat seperti hanya jualan tulisan di poster. Tentu saja daya jualnya adalah mencantumkan judul Paranormal Activity dan Insidious. Entah apanya Paranormal Activity atau Insidious. Yang pasti, sekilas, secara awam tentu akan menangkap film ini paling tidak bergaya mirip film-film terkenal tersebut.

Memang mirip cara pengambilan gayanya. Dibuat seperti dokumenter pribadi. Daya jual lainnya tentu saja dengan tag judul SX yang akan ditangkap sebagai Sex Tape. Menggabungkan gaya Paranormal Activity dengan seks, wow!

Hasilnya, biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Mengapa? Karena kisahnya seperti terlalu standard. Lagipula kejadian terperangkap di bekas Rumah Sakit yang kesannya menyeramkan ini, padahal di siang hari terik, diakibatkan oleh ulah para karakter itu sendiri. Seolah-olah memancing atau berusaha membuat horor sendiri. Jadi tidak ada yang istimewa jika kemudian menjadi pengalaman horor.

Berbeda dengan gaya original Paranormal Activity. Dimana horor yang ditampilkan lebih natural karena para karakter di dalamnya lebih sebagai korban yang tidak memancing atau sengaja untuk menantang horor. Kesan tersebut diperkuat dengan pemilihan para pemain pendukung yang unfamiliar.

Begitu pula dengan gaya film ini, para pemain aktor dan aktrisnya bisa dikatakan kurang familiar di dunia film. Hanya saja, karena bercerita tentang ke-iseng-an para pemuda-mudi untuk memasuki bekas Rumah Sakit tua, akhirnya horor yang disajikan terasa konyol.

Gaya horornya sudah bisa ditebak arahnya...

Sx Tape (2013) - 6/10