Impian ulang tahun perkawinan yang terwujud lewat jalan terjal berliku


Sajian cerita kali ini bertema drama dilema. Berkisah tentang permasalahan pokok utama di dunia yaitu uang.

Karena terbelit hutang, seorang ibu muda dari Korea nekat menjadi kurir narkoba ke negara Perancis. Setelah tertangkap, kasus hukumnya menjadi berkepanjangan akibat ulah kelalaian pihak duta besar Korea sendiri yang bermukim di Perancis.

Dilema yang dihadirkan karena di satu sisi sang ibu muda ini melanggar hukum. Parahnya hukum yang dilanggar dan dilakukan di negara lain. Keterbatasan bahasa membuat ibu muda ini menjadi terkatung-katung dihukum di negeri orang. Tapi, di sisi lain, sang ibu ini tidak mengetahui bahwa dirinya diperalat sebagai kurir narkoba.

Konfliknya, buat penulis, berat. Drama ingin kembali pulang, sederhananya. Hanya soal hukum dan yuridikasi-nya yang membuat berat.

Drama perjuangan sang suami yang ingin bertemu istrinya disini, kurang menarik. Kurang daya untuk dramatis. Bahkan terlalu "mudah" rasanya bila tiba-tiba bertemu seorang produser acara televisi.

Di tempat lain, drama bertahan Song Jeongyon yang dihukum di negeri orang, juga kurang punya daya tarik kuat. Sisi kerasnya bertahan hidup di dalam hukuman negara lain, kurang begitu "mendekati" kisah nyata-nya.

Yang menarik dari film ini adalah film ini berdasarkan kisah nyata tentang seorang wanita yang menjalani hukuman 700 hari lebih di negara orang lain.

Way Back Home (2013) - 6/10