Tujuh kehidupan bagi tujuh orang yang pantas menerimanya


Drama yang benar-benar menarik. Cerdas.

Mungkin dari awal, akan terasa membingungkan dengan petualangan yang dilakukan oleh Ben Thomas mendekati orang asing yang tak dikenalnya.

Tapi ketika identitas Ben Thomas yang sebenarnya terbongkar oleh saudaranya sendiri, cerita mulai bergetar.

Kita akan diperlihatkan sebuah cerita sekaligus inspirasi kecil dengan apa yang dilakukan oleh Tim yang menempuh resiko mencuri identitas petugas pajak lalu mencari 7 orang untuk menerima hadiah besar dalam hidup mereka.

Will Smith, sukses memainkan karakter Tim. Adegan paling emosional buat penulis justru di bagian awal, ketika Tim memberi ujian mental terhadap Ezra. Luar biasa.

Apa yang dilakukan oleh Tim kepada Ezra, Emily Posa, Holly, Ben, atau Connie Tepos, hanyalah sisi cerita "akibat". Inilah yang membuat film ini menjadi menarik. Karena alur cerita dibalik dan disembunyikan untuk memberi daya shock value. Sisi "sebab" disimpan sangat dalam untuk memberikan penjelasan apa tujuan Tim "memaksa" masuk ke dalam kehidupan 6 orang yang tidak Tim kenali sebelumnya.

Inspirasi yang bisa kita ambil dari Tim adalah intinya membantu sesama. Apa yang dilakukan karakter Tim disini memang luar biasa. Hanya saja, mungkin kita tidak bisa atau harus sama persis dengan apa yang dilakukan oleh Tim di sini. Tapi, kalaupun ada yang akan atau sudah pernah melakukan salah satu atau bahkan persis dengan apa yang dilakukan oleh Tim disini, tentu seorang yang sangat sangat mulia. Yang bisa disaring menjadi inspirasi adalah semangat membantu sesama tapi untuk orang yang tepat, yang akhirnya bisa menyalurkan kebaikan lebih baik lagi.

Namun, tidak semua apa yang tersirat dalam karakter Tim ini bisa menjadi inspirasi. Pesan moral dari film ini adalah jangan bermain handphone di saat mengemudi. Mencari orang yang membutuhkan pertolongan adalah perbuatan mulia, tapi kegiatan mencuri identitas adalah pelanggaran. Dan, bunuh diri sebisanya tak menjadi jalan keluar terbaik.

Akhirnya, film ini terasa seperti mengajak merenung sejenak. Sudahkah kita memikirkan rencana baik kita kepada orang lain yang pantas menerimanya?

Seven Pounds (2008) - 7/10