Tradisi menebak hantu terulang di kediaman Pee Mak


Kalau komedi ala Hollywood, biasa. Komedi rasa Korea, biasa juga. Kali ini penulis mendapat komedi gaya Thailand. Sebenarnya, pasti ada banyak film komedi dari Thailand, hanya penulis "jarang" mendapatkan.

Yang boleh dikatakan adalah lebih sering mendapatkan film horor ala Thailand. Selain nuansanya seperti lokal, kadang juga horor Thailand tak kalah menarik dibandingkan tetangganya, Korea.

Disini, justru dipadukan antara horor dan komedi. Dan, salah satu yang menjadi alasan utama memilih film ini adalah faktor para aktornya yang sudah tidak asing lagi. Mereka adalah empat sekawan yang sukses menyajikan komedi-horor di seri 4bia. Dan selama dua seri komedi yang ditawarkan oleh Ter - Puak - Aey - Shin, masih cocok dengan selera penulis. Fresh. Sangat menghibur dan mampu mencetuskan gaya komedi horor tersendiri.

Memang, melihat aksi empat sekawan ini di 4Bia rasanya ada yang kurang, yaitu kurang panjang. Ceritanya pendek, mengingat 4Bia merupakan gabungan cerita pendek horor Thailand.

Film ini memberi kebebasan bagi Ter, Aey, Shin, dan yang paling ramai Puak untuk berekspresi "sendirian" tanpa harus digabungkan dengan cerita lain.

Petualangan mereka berempat mengangkat seputar legenda Mae Nak yang diplot dengan komedi. Masih menarik. Masih kocak. Menghibur. Meski di beberapa titik terkesan jenuh, tapi setidaknya sampai di film ini, gaya 4 sekawan Thailand ini belum membosankan.

Padahal gaya horor yang dipakai masih sama. Masih mencatut beberapa judul film. Dari suasana film, sudah horor. Hutan dan sungai pada jaman dulu tanpa penerangan, persis dengan nuansa lokal. Pas. Konfliknya masih menebak siapa yang sudah menjadi hantu.

Mungkin bila di film lain, adegan discussion - conversation with hantu, akan menjadi titik jenuh tersendiri. Apalagi kalau kepanjangan seperti rapat. Tapi di film ini justru sebaliknya, karena momen diskusi dengan hantu disini justru menjadi titik pembukaan rahasia.

Suasananya boleh dikatakan memang seperti citarasa horor lokal. Apalagi dengan background lokasi. Komedi disini sebenarnya ringan hanya agak berisik. Tapi yang membuat komedi horor ini berkualitas lebih baik daripada horor / komedi horor lokal adalah disini tidak jualan keseksian. Kualitas film benar-benar bertumpu pada gaya kreatif misteri dan komedi, bukan pada keberanian seksi dengan adegan buka-bukaan panas membara. Lebih cerdas dalam mengolah komedi horor.

Pee Mak (2013) - 7/10