Cinta karena terbiasa


Sajian cerita romantis-tragis dari Negeri Sakura atau Jepang. Konfliknya kompleks. Dan boleh dikatakan menarik.

Ada 4 karakter utama disini. Sudut pandang yang dipakai adalah kisah masa lalu, masa indah waktu sekolah dari kacamata karakter Noburu Aihara. Noburu Aihara bukanlah seorang pelajar favorit dan terkesan culun kurang pergaulan.

Tapi, fokus konfliknya ada pada karakter Momose. Seorang pelajar gadis yang cantik. Baik Noburu dan Momose memiliki persamaan nasib yaitu berkorban perasaan untuk pelajar laki-laki yang populer di sekolah, Miyazaki.

Disini ada hal yang ingin disampaikan tentang cinta tak berbalas dan cinta yang disia-siakan. Tentu saja, kisah di film ini cocok untuk mereka yang galau karena memiliki nasib sama seperti Noburu, nasib "mencintai" gadis impian namun tak pernah dilirik. Atau juga memiliki nasib seperti Momose, yang tragis menjadi pacar pelajar tampan dan banyak penggemar.

Kalau diperhatikan, antara Noburu dan Momose, karakter Noburu ini jauh lebih parah nasib percintaannya. Berkorban perasaan demi sahabat, cintanya kepada gadis idaman berakhir dengan bertepuk sebelah tangan, dan cintanya kepada Momose hingga pada akhirnya tak pernah tersampaikan (setidaknya sampai detik akhir film). Salut buat ketegaran Noburu.

Berhubung memang dasarnya agak lemot, bagi penulis efek gabungan romantis-tragis dari karakter Noburu dan Momose, baru terasa mendekati ending.

**Dari film ini penulis mendapatkan ilmu kata "senpai". Senpai adalah orang yang dituakan atau dihormati.

My Pretend Girlfriend (2014) - 6/10