Rencana yang seharusnya sederhana saja


Finally, its done. Yeeahh,...setelah sekian lama, akhirnya selesai juga menyimak film garapan Sam Riami ini.

Bagus. Bagus untuk kita renungkan konfliknya. Sepele namun "dalam" maknanya.

Berkisah tentang Hank yang hidup sederhana dan (sudah) bahagia dalam kesederhanaannya. Memiliki istri cantik dan bakal menjadi seorang ayah. Yang terjadi kemudian adalah ketika Hank bersama adiknya, Jacob, dan Lou secara tak sengaja menemukan bangkai pesawat dan uang jutaan dollar di dalamnya.

Hank, yang sejatinya adalah karakter pria biasa sederhana harus berubah menjadi pembunuh amatir demi "melindungi" uang temuannya. Mulai dari tetangga, teman, hingga saudaranya sendiri, harus merenggang nyawa di tangan Hank.

Seperti judulnya, sebuah rencana yang (seharusnya) sederhana, berubah menjadi masalah pelik hingga dibayar nyawa.

Di belakang "layar" Hank, adalah Sarah sang istri. Tetangga Hank terpaksa dibunuh atas dasar ide Sarah, begitu pula permainan menjebak teman Hank yang berakhir tragis juga diawali oleh ide dari Sarah.

Pesan dari film ini adalah mengingatkan kita bahwa sebenarnya ada "tuhan" yang dinamakan uang. Betapa tidak, hanya karena ingin uang, hidup seseorang bisa di tangan manusia. Lihat saja uneg-uneg penuh amarah dari karakter Sarah yang sebenarnya lelah dalam hidup penuh kesederhanaan.

Dan, ketika kita mendapatkan uang sama dengan mendapatkan cobaan, apakah yang akan kita lakukan dengan uang tersebut. Menjadi pribadi yang baik atau seperti karakter Hank dan Sarah disini?

Keseluruhan, film dengan konflik menarik dan patut direnungkan.

A Simple Plan (1998) - 7/10