Bekerja sama melawan Pompe


Film ini sebenarnya kurang begitu tepat dengan ekspektasi. Di awal pembukaan film ini berkesan inspiratif. Menarik, karena pertama adalah berdasarkan kisah nyata. Kedua, karena ada nama besar Harrison Ford yang kali ini "menantang" akting Brendan Fraser. Harapan di awal film, akan ada kisah inspiratif dari pasangan John dan Aileen melawan penyakit Pompe yang diderita oleh kedua anaknya.

Penyakit Pompe sendiri adalah penyakit genetis. Untuk penyakit ini sendiri, penulis kurang begitu tahu persisnya. Hanya saja tangkapan penulis dari cerita disini, pengidapnya adalah anak-anak dan beresiko pada kematian karena ilmu pengobatan yang ada masih belum tepat.

Kisah berikutnya bila ditimbang, lebih berbobot pada kisah membangun sebuah bisnis melawan penyakit ketimbang kisah perjuangan melawan penyakit. Plot cerita diisi dengan alur cerita yang melompat dari satu masa ke masa lain dengan cepat.

Seperti kisah John disini, diawali dengan bekerja sebagai karyawan biasa, melompat kemudian mendirikan yayasan, mendirikan lab, kemudian mendapat sponsor untuk pengobatan Pompe yang mahal, kemudian menjadi salah satu eksekutif yang akhirnya dipecat secara bahagia.

Untuk cerita birokrasi bisnis yang dibangun John dan Stonehill disini kurang begitu bisa penulis pahami dengan baik. Terlalu berat. Kisah drama perjuangan orang tua dan anak melawan penyakit, kurang bisa terasa tebal. Tipis sekali.

Bisa disimpulkan bahwa film ini bukan tentang jatuh bangun "melawan" penyakit, bukan pula tentang proses banyak kali percobaan menemukan obat yang tepat, melainkan perjuangan membangun kerjasama demi melawan penyakit.

Extraordinary Measure (2010) - 6/10