Superman di era globalisasi komputerisasi


Mungkin karena era komputerisasi, tampilan Superman disini memang lebih dahsyat. Terasa "hilang" kesan superhero dari komik. Kostumnya menyesuaikan judul "besi" tidak lagi kombinasi biru muda dan merah kuning.

Yang terasa ganjil disini, tidak seperti komik yang dulu penulis kenal. Di jaman komik tema cerita yang diangkat atau setidaknya yang penulis "kenali" adalah Clark Kent yang berkacamata bekerja di kota (kalau tidak salah berprofesi wartawan). Kalau disini ditambah dengan suasana outer space yang gemerlap ditambah karakter ayah dan ibu Superman.

Untuk unjuk kekuatan, di jaman dulu Clark Kent lebih "rahasia" dibandingkan di jaman film ini yang sedikit lebih "terbuka" dengan identitasnya.

Musuh, kalau versi komik yang penulis kenal adalah Lex Luthor botak, tapi disini malah ada karakter Zod yang ternyata seteru ayah Clark.

Perbedaan lainnya, tentu saja seputar gadget. Yang pasti di jaman komik atau serial televisi dulu, tidak ada karakter tokoh dalam Superman yang memegang gadget seperti handphone apalagi iphone.

Alur ceritanya sendiri disini juga tak lagi melawan penjahat kota melainkan penyelamatan planet bumi dari Krypton-isasi kaum pimpinan Zod. Biasa saja, karena telah diberitahu mana yang baik mana karakter yang tidak baik dan kemudian tinggal menunggu bagaimana dan apa yang terjadi ketika mereka dipertemukan.

Yang menjadi nilai lebih disini adalah animasi komputerisasinya yang memang sangat luar biasa megah. Gagah.

Man Of Steel (2013) - 6/10