Serdadu Superhero


Satu lagi film superhero asal komik Amerika yang dicoba untuk disimak. Dan, memang akan lebih ringan menikmati film ini bila tahu atau setidaknya akrab dengan komiknya terlebih dahulu. Dan, kebetulan juga penulis dulunya kurang begitu akrab dengan tokoh superhero Marvel ini, hanya sebatas tahu saja namun tidak pernah memiliki komiknya.

Terasa panjang. Panjang sekali. Durasi film mencapai dua jam lebih. Bagi penulis "perkenalan" karakter Capt. America disini sangat panjang dan bertele-tele. Sangat detail. Mulai dari "kecil" hingga "besar" diceritakan semua.

Tapi paling tidak bagi penulis yang belum akrab justru memberi pengetahuan bahwa ternyata karakter Capt. America "diciptakan" dengan setting pada masa perang Nazi. Itu sekitar tahun 1940an, jadi dulu ceritanya perjuangan melawan Nazi, salah satu senjata Amerika adalah superhero Capt. America yang tidak bersenjata api melainkan shield atau tameng.

Ganjil. Setting cerita tahun 1940an dengan teknologi tahun 2100an. Apalagi menyulap karakter Steve Rogers dari "kecil" hingga "besar". Di tahun klasik tersebut sudah ada teknologi seperti itu. Belum lagi teknologi yang dimiliki pihak Nazi yang serba canggih salah satunya adalah pesawat dan seragam serdadunya. Tak hanya setting teknologi, setting desain lokasi pun terasa berada di tahun millenium. Minimalis bersih rapi.

Pemakaian sejarah perang Nazi disini terasa kurang pas, meski mungkin memang adanya seperti itu di komiknya. Berbeda dengan karakter superhero fantasi lainnya seperti Batman atau Superman yang bersetting lokasi juga fantasi. Sedangkan Nazi adalah setting peristiwa yang memang nyata kemudian "diwarnai" dengan aksi superhero di dalamnya yang tak hanya berkekuatan super dan serbuan one man war ala Rambo, tapi juga di pihak Nazi dilengkapi juga dengan serdadu yang memiliki kekuatan super. Anehnya lagi, di jaman 1940an, ternyata sudah ada teknologi pemakaian wajah palsu ala Mission Impossible. By the way, that's all comic. Full fantasy.

Captain America : The First Avenger (2011) - 6/10