Boneka Charles Lee Ray



Sebelumnya, penulis hanya mengenal Chucky lewat nama besarnya saja. Boneka yang tidak sekedar boneka biasa. Dan, beruntung sekali akhirnya sampai juga bisa mendapatkan film pertama Chucky dan melihat gerangan siapa "dibalik" boneka mainan anak-anak ini yang sangat fenomenal.

Dikatakan fenomenal karena bagi penulis sebuah film yang kemudian dibuat sekuel ataupun prekuel-nya biasanya memiliki "nilai" lebih khususnya disukai penonton. Dari tahun 1988, petualangan boneka yang dinamai Chucky ini dimulai. Dimulai dari sebuah toko mainan Wabash And Van Buren, ada sebuah pengejaran penjahat bernama Charles Lee Ray yang juga memiliki ilmu spiritual. Demi menyelamatkan nyawanya, Charles kemudian berpindah menjelma ke dalam boneka.

Berikutnya, tentu sudah dapat ditebak. Namun, untuk ukuran tahun film, keberadaan Chucky disini ditampilkan cukup bagus. Pergerakan boneka serta perubahan mimik wajah juga hampir realistis. Hanya memang pada beberapa segmen, terlihat kurang bisa disembunyikan, contohnya ketika Maggie terjatuh dari atas gedung apartemen milik Karen dan ketika scene mendarat terlihat justru boneka.

Horor yang ditampilkan ditunjang dengan baik oleh realistis boneka Chucky ini. Kualitas tampilan kejam sadis boneka Chucky tidak kalah dengan boneka komputer modern. Untuk ukuran tahun 1988 dengan kualitas seperti Chucky ini dapat dibilang sangat bagus.

Alur ceritanya juga lumayan. Tidak terlalu kaku dalam ke-klasik-annya. Paling terasa kuat adalah moment baterai. Membuat alur moment menemukan baterai seperti itu cukup bagus dan cerdas.

Terakhir, kualitas film ini juga tidak lepas dari akting natural yang bagus dari Alex Vincent yang kala itu masih bocah memerankan karakter berusia 2 tahun Andy sebagai "teman" Chucky.

Child's Play (1988) - 7/10