Terowongan Merah


+18++

Kesan pertama begitu sampai di beranda, adalah membingungkan. Semua serba dibalik bagaikan harus membawa layar komputer ini ke kaca agar bisa sempurna menikmati tayangan.

Gaya ceritanya awalnya terasa "rumit". Tidak mainstream. Bercerita mundur. Pertama, terasa sulit dicerna. Kalau bagi penulis baru setelah segmen terowongan merah, merasakan kesegaran tersendiri ketika menyadari letak kreatifitas film ini.

Yang berkesan lagi adalah gaya adegannya. Seperti hanya sekali "take". Satu segmen berjalan tanpa "jeda" scene. Tidak ada sorot karakter per dialog. Melainkan dalam satu scene, kamera seolah dibopong berjalan mengikuti karakter dan tanpa henti terus menyorot berpindah sudut. Baru setelah satu segmen selesai, kamera akan berputar seperti terguling-guling membuat pusing.

Selain gaya alur yang unik, film ini juga dikenal "panas". Tidak rapat juga tidak banyak adult scene, hanya saja penampilan Monica Bellucci dan Vincent Cassel disini memang cukup frontal vulgar dan berani dalam menciptakan karya film yang unik.

Irreversible (2002) - 7/10