Monstrule of N'Gai Zamu meramaikan malam Hollywood


Sebuah film hiburan fantasi tentang seekor satwa yang berukuran raksasa. Gorilla.

Film ini cukup ramah. Tidak berat. Alur ceritanya biasa saja. Konfliknya pun ringan saja seputar kekaguman manusia kepada ukuran gorila, konflik habitat, dan dendam lama.

Yang kurang menarik dari film Disney kali ini, dramatisasinya terlalu dipaksakan. Gaya interaksi antara karakter manusia-gorila disini juga terlalu dibuat-buat. Seperti memaksa menampilkan pemandangan manis bisa "menyetir" satwa sebesar Joe. Bentuk Joe sendiri memang sudah mirip namun pola respon, berpikir dan perilakunya masih mendekati gaya manusia, ini yang menjadi poin kurang menarik. Kurang halus masih terlalu kasar.

Dramatisasinya terlalu dipaksa seperti di momen perkenalan di tenda pesta tinggal sekali pukul sudah sangat dekat malah ditembak jatuh. Momen "memaksa" untuk menampilkan kemegahan ukuran Joe di tengah kerumunan kota. Momen ending menolong seorang anak yang terjebak di sebuah permainan dengan gaya berlama-lama bergelantungan seolah akan jatuh di atas untuk mendorong emosi tegang, yang terlihat tak ada harapan secara dramatis akhirnya membuka mata. Dramatisnya kurang menarik. Terlalu umum, kaku, standard.

Mighty Joe Young (1998) - 5/10