Hanya kecurangan dan keluarga yang mampu menjatuhkan Mo Chuisle


Yang membuat penulis penasaran dengan film ini awalnya adalah nama besar para pendukungnya. Sebut saja Clint Eastwood, Morgan Freeman, Hillary Swank, dan ada juga Anthony Mackey yang hanya supported role saja.

Dramanya menarik. Seorang petinju wanita bersikeras untuk berlatih dan menjadi petinju pro meski usianya memasuki kepala 3. Namun sayangnya sang petinju wanita ini memiliki keluarga yang "sakit".

Grafik emosional film ini cukup bagus. Dimulai dengan datar, lalu momen berlatih keras, terbuai kemenangan demi kemenangan ala Tyson yang "gemar" meng-KO lawan di ronde pertama, drama keluarga yang pahit, lalu dihantam oleh kecurangan.

Dan, momen paling emosional memang pada momen dicurangi. Di ronde ini, penulis ikut merasakan bagaimana hancurnya hati Maggie bertubi-tubi. Di ronde inilah penonton ikut digiring pada pukulan telak demi pukulan bukan ke wajah, namun langsung ke hati.

Lebih menyakitkan lagi adalah Maggie secara tegar masih bisa tersenyum. Tragisnya, tak ada permintaan maaf. Dan terakhir, bukan pukulan telak KO di atas ring yang menjatuhkan Maggie, melainkan perilaku keluarganya yang "sakit" oleh uang.

Semua emosi indah perjuangan yang berbuah manis - yang rapi dibangun sejak awal film - harus "di-KO-kan" secara telak, masive, sunyi, senyap, penuh dilema.

Entah apa yang dimaksud dengan judul "Million" disini. Reputasi Maggie yang hidup terpuruk sebagai pelayan bahkan harus mengambil sisa-sisa makanan dari tamunya kemudian beralih ke sang juara yang tentunya juga menaikkan kelas ekonomi Maggie. Hal tersebut sepertinya bisa dikatakan Million, karena prestasi Maggie akhirnya bisa membeli rumah layak bagi keluarganya. Atau juga, "Million" disini bisa berarti, biaya pengobatan Maggie yang harus terbaring cukup lama di rumah sakit.

Pesan moral dari karakter Maggie, tak ada kata terlambat untuk memulai perjuangan. Usia bukan halangan untuk cita-cita yang ketinggian. Lalu, ada juga pesan moral dari pelatih Frankie Dunn, tough is aint enough. Tangguh saja tidaklah cukup untuk menjadi pemenang.

Million Dollar Baby (2004) - 6/10