Detik-detik terakhir seorang Hitler


Satu lagi film tentang Hitler. Dan kali ini, bagus. Menarik sekali karena penulis kurang "akrab" dengan sejarah Hitler, melalui versi film ini paling tidak bisa mempelajari sekelumit sejarah tentang gaya seorang Hitler dan detik-detik terakhir masa Hitler berjaya.

Yang bisa penulis tangkap dari kisah film ini adalah banyak yang "membangkang" dari Hitler ketika Berlin mulai tersudut oleh serangan Rusia. Hitler pun dipindahkan ke dalam sebuah bunker bawah tanah.

Akting. Drama yang disajikan menurut penulis sangat bagus karena dipengaruhi besar oleh kualitas akting para pemainnya.

Alur ceritanya bisa menarik daya menonton ke dalam bunker. Suasana mendekati detik-detik pasukan musuh mendekati bunker tempat Hitler bersembunyi dapat terasa dengan baik.

Lokasi. Apalagi pemilihan lokasi cerita juga menarik, karena 90% sepanjang film menampilkan suasana dalam bunker.

Konflik. Konfliknya tentu saja keteguhan Hitler untuk pantang dengan kata menyerah apalagi melarikan diri. Inilah yang menjadi konflik utama karena bawahan Hitler, satu per satu "tumbang" dalam prinsipnya membela Hitler. Secara emosional, Hitler selama bernafas melarang semua bawahan untuk menyerah dan memerintahkan para prajuritnya untuk membunuh siapapun yang membangkang.

Sebagai selipan cerita, ditampilkan kisah kecil seputar rakyat Jerman yang bertempur di luar bunker. Bahkan tak ketinggalan para anak dan remaja ikut berperang. Bahkan, mereka tak luput diberi gelar kepahlawanan oleh Hitler sendiri.

Hitler yang ditampilkan disini berkarakter emosional dalam kondisi fisik tua. Sekilas seperti terkena parkinson. Prinsipnya jangan menyerah pada musuh. Jadilah bengis. Tetapi, secara adil film ini juga menampilkan sisi lain sifat Hitler yang lembut terhadap anak-anak serta wanita Jerman yang berada di-"dekatnya".

Dan, angkat topi-tepuk tangan meriah untuk pertunjukkan akting Bruno Ganz sebagai Hitler. Luar biasa. Dari aktingnya yang emosional, penulis paling tidak bisa meraba gaya Hitler aslinya.

Keseluruhan, film ini sangat menarik untuk disimak.

Downfall (2004) - 7/10