Bangkit dan terbang dari debu pasir gurun Gobi


Film ini langsung mengingatkan pada film klasik Alive. Tentang sebuah kecelakaan pesawat terbang dan terdampar di daerah yang jauh dari jangkauan pertolongan. Alurnya ceritanya kurang lebih sama, tentang survival. Disini juga ada persahabatan dan beda pendapat antar penumpang yang selamat.

Hanya saja beda dalam konfliknya. Bila di Alive, para penumpang mendapatkan konflik cuaca dingin ekstrim, disini konfliknya dengan cuaca panas ekstrim. Tepatnya di somewhere in Gobi Desert. Mongolia. Bila di Alive merupakan kisah nyata, disini fiksi. Di Alive, para korban yang selamat lebih menunggu pertolongan, disini para korban justru membuat pesawat baru untuk menyelamatkan diri.

Yang sedikit mengganjal disini adalah konflik dengan penduduk Mongolia. Karena meski tanpa konflik dengan penduduk Mongol pun, sepertinya berjuang di tengah gurun badai tanpa pertolongan apapun siapapun daya cerita film sudah cukup kuat.

Satu catatan lagi adalah untuk permainan akting yang menarik dari adik Phoebe dalam serial kocak Friends, Giovanni Ribisi.

Flight Of Phoenix (2004) - 6/10