Tabir misteri hilangnya Harriet


Film ini memang bukan film yang langsung klik buat penulis. Terlalu berat. Penulis hanya bisa menangkap tema besarnya saja yaitu mengungkap misteri hilangnya seorang gadis belasan tahun, putri dari seorang kaya raya Henrik Vanger.

Tema film ini, sejauh yang penulis ingat, seperti tema 8MM atau Blood Work. Seorang investigator atau pencari fakta disewa untuk membuka kasus kriminal yang telah terjadi. Karena faktor cerita, keluarga Vanger disini adalah keluarga besar, akhirnya banyak "karakter" yang dipajang membuat tema yang seharusnya sederhana menjadi tampak rumit. Belum lagi, nama-nama karakter yang berbau Jerman-Swedia.

Penulis juga merasa sedikit bingung dengan judul yang mengarah pada karakter Lisbeth. Di beranda, film dilempar dengan 2 aliran cerita. Bergantian. Porsi seimbang. Blomkvist mencari fakta, Lisbeth "bertarung" sendiri dengan keadaan hidupnya yang tercabik-cabik ekonomi maupun fisiknya.

Ekspektasi awal, penulis menganggap gadis dengan tato naga inilah yang menjadi sumber cerita atau twist utama film, tapi ternyata tidak demikian. Justru twist film ini berlapis namun tidak terlalu mengejutkan. Fokus judul pada gadis bertato naga ini ternyata hanya bermuara pada kisah lover assistant. Porsinya dengan karakter utama Blomkvist pun tak jauh berbeda.

Mungkin, perlu lebih dari sekali dua kali menikmati film garapan David Fincher ini untuk lebih memahami porsi gadis bertato naga.

The Girl With Dragon Tattoo (2011) - 6/10

No comments:

Post a Comment