Our battle will be legendary


Andaikan sebuah masakan, film ini menghadirkan citarasa baru yang berbeda. Sederhana dalam cerita, ada pesan bijak, dihadirkan dengan teknologi kualitas tinggi.

Pas. Seperti masakan yang enak dinikmati, bumbu pembentuknya menjadi dasar untuk menciptakan citarasa tinggi. Disini, ada panda yang memang aslinya merupakan binatang khas Cina, gemuk, lucu, bergaya bos saat makan, menggemaskan. Dipadu dengan animasi yang lebih modern dari kartun klasik. 3 dimensi. Diisi dengan suara pas ala Jack Black. Kemudian dihadirkan dalam bentuk pendekar kungfu.

Konsep ceritanya mudah dicerna. Tentang karakter Po, yang sangat jauh sekali dari kesan pendekar kungfu, namun ditunjuk dan ditakdirkan sebagai Dragon Warrior yang bakal dikaruniai sebuah rahasia besar tentang ilmu kungfu dalam skroll di mulut naga. Rahasia tersebut ternyata juga menjadi incaran macan jahat, Tai Lung, yang sangat kuat perkasa dan menurut kepercayaan Shifu, hanya Dragon Warrior lah yang mampu mengalahkan Tai Lung. Panda vs Macan?

Animasinya wow. Luar biasa. Keren abis kata anak gaooolll. Gilakk. Ketjeh. Hacep. Sangat hidup. Halus lembut kualitas animasinya.

Pesan bijaknya antara lain, "kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, hari ini adalah hadiah". Masih kata Oogway, "tidak ada kebetulan". "Tetaplah percaya". Dalam. Renungkan.

Lalu ada gulungan rahasia yang ternyata kosong karena sejatinya tidak ada ilmu rahasia, yang ada adalah keyakinan diri sendiri bahwa mampu melakukan sesuatu bila percaya.

Jadi itulah paduan sempurna film animasi ini. Konsep ceritanya ringan, dipadu dengan animasi luar biasa, karakter yang lucu menggemaskan, dan diselipkan pesan-pesan bijak yang bila mampu direnungkan untuk yang menontonnya. Kalau akhirnya film ini sukses, wajar. Karena memang bagus dan berkualitas.

KungFu Panda (2008) - 8/10