Dewa Judi


Salah satu film klasik Hongkong yang paling berkesan. Bagaimana tidak berkesan, karena film ini pertama kali penulis tonton saat masih Sekolah Dasar. Dan, langsung terpikat sekaligus tak lupa meniru gaya cool Dewa Judi.

Salah duanya, bermain kartu ala poker meski tak tahu aturan resminya, pokoknya 2 kartu tertutup lalu dibuka pelan pelan pelan sekali. Tak lupa gaya makan coklatnya, yang alhasil langsung batuk-batuk akibat kebanyakan coklat. Rambut? Sayang tak bisa menirunya.

Apa saja yang berkesan dari film lawas ini? Segudang momen berkesan dari sini. Mulai Chow Yun Fat, pasti. Karena karakter Chun Dewa Judi ini melekat pada diri Chow Yun Fat, bahkan saat Chow bermain untuk Hollywood bersama Mark Wahlberg, masih sempat menyelipkan karakter Dewa Judi. Cool, calm, confident, selalu tersenyum, menghabiskan banyak minyak rambut.

Andy Lau. Ya, film ini juga dibintangi Andy Lau yang bermain dengan gaya kocak. Dan memang konflik film ini lebih mengarah ke komedi aksi.

Dragon. Karakter cool yang bertindak sebagai bodyguard sang Dewa.

Kartu. Entah apa namanya, mungkin sebutannya Poker. One Pair, Two Pair, Tripple, dan sebagainya. Penulis sendiri kurang begitu paham permainan kartu di film ini, hanya tahu bahwa As paling besar.

Coklat. Gaya makan coklatnya menjadi ciri khas unik. Dan susah sekali mencari coklat seperti yang ada di film ini. Dulu penulis memakai coklat bulat-bulat dibungkus kertas aluminium kuning. Sama lah.

Cincin. Gaya putar-putar pegang cincin sebelum membuka kartu.

Klimis. Entah berapa banyak minyak rambut yang dipakai.

Lagu. Khas. Entah lagu siapa. Queen mungkin...

Slow-mo. Adegan slowmotion-nya memang sangat keren. Bahkan meski ini film klasik namun tetap saja gayanya dapat. Masuk ke ruangan sambil musik khas dimainkan, pelan senyam-senyum masih tetap keren.

Apa lagi? Yang pasti berkesan. Konfliknya sederhana. Konsep ceritanya meski alurnya terasa kaku klasik baik aksi maupun pergantian adegan, namun masih tetap menarik. Ada taste kocak komedi antara karakter Andy dan Chow. Keren. Klasik masih asik.

God Of Gamblers (1989) - 8/10