Chimera


Di seri kedua, ada kejutan kecil. Pertama, John Woo. Langsung terbayang bakal ada aksi laga yang megah dan ada aksi saling todong pistol di wajah. Sayang sekali, aksi laga yang diharapkan kurang begitu banyak. Lebih dominan drama intrik. Paling sering dimainkan moment pakai topeng wajah yang menipu khas serial televisinya dulu.

Aksi laganya seperti "tertutup" oleh nuansa drama. Hanya beberapa bagian kecil aksi laga dipadu dengan slow-mo terlihat menarik. Kemudian, aksi laga yang sebenarnya disimpan di pamungkas film. Cukup megah terutama di bagian mengendarai motor. Saling tembak saling kejar.

Disini, penampilan Tom Cruise, lebih dewasa dan lebih elegan dibandingkan dengan seri pertamanya. Aksi laga untuk porsi Tom juga lebih modern apalagi dipadu dengan aksi bela diri yang lumayan-tak kalah dengan aksi silat Asia. Yang ditarik sebagai adegan khas dari seri pertama adalah menahan diri gaya terjun payung dengan seutas tali.

Kejutan lain, bagi penulis di sini adalah tampilnya bintang gaek favorit, Anthony Hopkins. Woww sempat terpukau, mesti harus kecewa karena Hopkins hanya tampil sedikit saja. Namun, kharisma Hopkins masih cukup memukau dengan gaya wajah misteriusnya.

Alur ceritanya sendiri, masih seperti seri pertama. Masih lebih bernuansa drama ketimbang film laga. Konflik, lagi-lagi penulis masih sial, belum terlalu ringan. Banyak kaitan karakter yang harus diingat namanya dan fungsi perannya di sekitar Ethan Hunt ini.

Mission Impossible 2 (2000) - 6/10