This is ... from ... Mathilda


Nice. Like this movie. Classic but different. Beda. Luc Besson. Ada rasa aksi. Ada rasa drama haru. Ada rasa drama lucu. Dramatis. Cinta. And Sting.

Ada 3 karakter yang berperan besar membangun nuansa film ini menjadi beda. Gary Oldman, nice. Akting emosionalnya memang berkarakter. Mantap. Polisi narkoba yang suka narkoba.

Jean Reno. Di tangan Luc, kesan Hitman ini hanya separuh untuk Jean. Karena di samping dingin, karakter Jean disini juga sangat lugu. Apalagi ketika harus menerima sosok Mathilda yang mengajarkan cinta dan relax ke dalam kehidupan keras Leon. Meski terkesan lugu, Leon disini tampil meyakinkan sebagai hitman yang berkehidupan "lembut" dengan susu dan sebuah pot tanaman.

Dan, terakhir the best is Natalie Portman. Aktingnya memang berbakat di usianya kala itu. Di tangan si Natalie kecil, karakter Mathilda disini sangat besar pengaruhnya.

Yang menarik dari film ini adalah tentu saja laga ala Luc yang memang berbeda dan punya citarasa seni tinggi. Memadukan aksi sekaligus drama. Ada aksi gerak cepat, aksi satu sentuhan, aksi santai, aksi baku tembak rentetan peluru, semua dilebur dengan penempatan gerakan slow-mo dan gerak biasa yang pas. Ada emosi tersendiri melihat adu laga disini.

Chemistry kualitas akting antara Jean dan Natalie disini juga sangat terasa. Tidak hanya kompak sebagai partner sebagai hitman. "Kekakuan" Jean ditangan Natalie terasa kocak. Drama yang mereka berdua bangun rasanya manis. Antara bapak-anak dan aroma sepasang kekasih. Klop.

Ada saat untuk drama, ada saat untuk aksi, ada saat untuk tertawa melihat pasangan kekasih "aneh", ada saat untuk terharu. Semua dicampur Luc dengan simple, rapi, dan pas membuat enak diikuti. Dan ada saat untuk Sting dengan lagu manisnya, Shape Of My Heart.

Leon The Professional (1994) - 8/10