Che



Yang membuat penasaran dari film ini awalnya adalah nama besar Che Guevara. Sejauh yang penulis tahu adalah banyak simbol-simbol gambar baik di kaos atau stiker yang bertuliskan CHE. Kebanyakan memakai simbol hitam putih wajah Che yang khas dengan topi ala militer. Tentang siapa atau revolusi apa yang diperjuangkan seorang Ernesto "Che" Guevara ini, penulis kurang begitu memahami. Ekspektasi awal dari film adalah akan menjelaskan jenis revolusi apa atau paling tidak film ini adalah film perang perjuangan.

Namun, setelah masuk ke dalam alur cerita, ternyata salah besar. Film ini adalah sepenggal kisah Che sebelum "berjuang". Disini mengisahkan sepasang lelaki muda dari Argentina yang "melepaskan" diri dan melakukan perjalanan keliling Amerika Latin dimulai dari kampung halaman, Argentina.

Dan hanya seputar perjalanan. (Motifnya kurang begitu paham). Mereka memakai satu sepeda motor kuno berpindah dari satu daerah ke daerah lain, menjelajah satu kota ke kota lain.

Konflik film dihiasi dengan masalah wanita. Konflik utama film ini adalah kepekaan Che melihat kondisi negara Amerika Latin. Sebagai pemuda yang memiliki latar belakang ilmu kedokteran dan penyakit asma, Che membagi ilmu kedokterannya ke beberapa tempat yang dikunjungi. Dan konflik yang paling menarik disini adalah ketika Che menginjakkan kaki di San Pablo, Peru.

Nilai atau pesan biografi dari film ini yang bisa penulis raba adalah sedikit pengenalan pada Che. Che adalah pemuda Argentina yang menyukai tantangan. Perjalanan yang dilakukan dengan sobat dekatnya, Alberto Granado, seperti ditulis di film ini mencapai puluhan ribu kilometer. Dibandingkan dengan Granado, karakter Che disini digambarkan lebih serius daripada Granado yang lebih santai dan menyukai wanita cantik.

Kemudian, dari perjalanan itulah Che mulai merasakan kepekaan terhadap sesama, terutama pada mereka yang hidup prihatin dan Che dengan ilmu kedokteran yang dimilikinya membagi semangat kepada yang sakit.

Mungkin, menurut penulis, film ini akan jauh lebih "ringan" bagi mereka yang belajar, tahu, mengenali sejarah perjuangan Che atau bahkan yang mengidolakan atau terinspirasi pada pemikiran Che.

The Motorcycle Diaries (2004) - 6/10

No comments:

Post a Comment