Memburu duri dalam daging

The Departed Film

Kalau sudah melihat versi originalnya mungkin akan lebih "mudah" menikmati karya Martin Scorsese ini.

Memang tidak 100% mengadaptasi Infernal Affair. Ada beberapa bagian yang dibedakan, tapi secara garis besar hampir senada. Meski disini dikatakan berdasarkan karakter nyata. Banyak bintang hadir disini, Leonardo Di Caprio, Matt Damon, Mark Wahlberg, Martin Sheen, Jack Nicholson, Vera Farmiga, dan Alec Baldwin.

Beberapa fragmen yang berbeda antara lain gaya mata-mata dalam kepolisian yaitu Collin "kehilangan" ciri khas yang dilakukan Andy Lau yaitu kebiasaan kecil menepuk-nepuk paha. Lainnya, keberadaan karakter Sersan Dignam yang tidak ada di Infernal Affair. Chemistry antara Leonardo dengan Jack Nicholson juga terasa beda dengan Tony Leung yang bergaya kalem di hadapan Eric Tsang.

Persamaannya antara lain, pemakaian gips. Tony Leung sebagai mata-mata kepolisian dalam mafia juga memakai gips sebagai media penyampaian informasi kepada atasan, tapi disini "dibelokkan" pemakaian gips karena memang kecelakaan.

Pemakaian dialog antar telepon sebagai kode ... "Saya tidak bisa pulang untuk makan malam, Mama."

Keberadaan psikiater memang sama namun tidak dibuat sama dalam jalan cerita. Disini hanya memakai satu karakter wanita sebagai pemikat hati antara karakter Collin dan Costigan. Berbeda dengan di Infernal Affair, masing-masing Andy Lau dan Tony Leung "diberi" karakter wanita pendamping sendiri-sendiri.

Sesi mengumpulkan amplop kemudian dilanjutkan dengan adegan bioskop pun dibuat sama untuk. Kemudian amplop tersebut dibuat sebagai hook cerita juga dibuat sama.

Bila belum pernah menyaksikan Infernal Affair, mungkin akan menarik menyimak alur cerita di film ini. Tapi, bila sudah pernah menikmati aksi Andy Lau dan Tony Leung, begitu menyaksikan film ini akan dibuat mudah menebak arah cerita.

Menurut penulis ada "kekurangan" disini. Mungkin akan jauh lebih mantab bila karakter Costigan dimainkan oleh gaya bad boy Jeremy Renner.

The Departed (2006) - 6/10

No comments:

Post a Comment