Mitos Demigod

Clash Of The Titans Film

Disini menceritakan legenda Yunani atau mungkin mitos, penulis kurang tahu pasti tepatnya. Tentang dewa-dewa yang konon memiliki kemampuan di atas manusia biasa.

Di bagian awal, muncul dewa Zeus yang bertempat tinggal di langit .... Lalu diceritakan memiliki anak "tak resmi" yang kemudian berstatus manusia setengah dewa, Perseus.

Terlihat kisah kontroversial kehadiran Perseus di Tanah Argos ini hanya menonjolkan sisi permainan animasi belaka. Kemampuan dewa dewi di atas manusia biasa, digambarkan dengan animasi tingkat tinggi. Ditambah dengan hadirnya scorpion raksasa, kuda bersayap dan terbang, ular jadi-jadian, makhluk dalam laut menyerupai naga.

Animasi permainan komputer di sini memang megah, bagus, dan berkualitas. Ketika scorpion raksasa dimunculkan di padang pasir, beruntung tidak ada kemunculan Optimus Prime. Hanya saja, animasi yang terlalu berlebihan malah membuat hilang sisi legendanya. Sisi jaman dulu, jaman sebelum modern. Akhirnya, taste yang terasa seperti hiburan futuristik atau masa depan. Atau mungkin memang begitu adanya legenda tersebut, bagi penulis, unjuk gigi atraksi animasi dalam film ini tetap terasa berlebihan.

Alur film ini seperti permainan video game adventure. Babak demi babak dengan level semakin menanjak. Setiap babak akan ada cerita serta "raja" yang harus dikalahkan untuk ke babak selanjutnya. Namun, ternyata disini dibalik, semakin masuk ke babak-babak akhir, kualitas raja yang dimunculkan terbalik semakin ke akhir berbobot semakin "ringan".

Pendapat penulis, mungkin bila porsi animasi dikurangi dan sisi cerita manusiawi ditambah, akan terasa lebih menarik.

Clash Of The Titans (2010) - 6/10