Di balik awan mendung Manchester 1958


Sejauh pengamatan penulis sejak ditinggal Alex Ferguson, tim Manchester United atau disingkat MU, lebih banyak terpuruk. Namun, kekalahan masih bisa diatasi, misal dengan mencari pelatih baru.

BBC kali ini juga memberikan sebuah cerita sejarah yang menarik. Tentang tim MU di era 60an. Juga pernah terpuruk. Mana yang lebih menyakitkan? Kekalahan atau tragedi?

Film BBC ini mengetengahkan dua hal, lahirnya bintang baru saat itu dan sebuah tragedi kecelakaan pesawat terbang. Bobby Charlton saat itu melejit di debut permainannya sebagai pemain MU. Namun, kehadiran baru Bobby dibarengi dengan sebuah tragedi pesawat yang mengangkut tim MU saat kembali dari pertandingan melawan Red Star Yugoslavia. 23 orang personel tim MU meninggal dunia. Dan, Bobby adalah salah satu korban yang selamat.

Film ini hanya menceritakan sejarah dari sisi luar lapangan hijau. Jadi, tidak ada visual dari pertandingan. Dan, bagi penulis sisi menariknya adalah informasi. Bahkan sebelumnya, penulis belum tahu sejarah Munich Air Disaster ini dan melalui film BBC ini penulis jadi tahu bahwa tim MU pernah terpuruk dalam sebuah tragedi.

Hampir seluruh pemain tim menjadi korban. Namun, asisten dan Manager tim saat itu, Jimmy Murphy - Matt Busby, memilih untuk tetap mengibarkan bendera tim dan melanjutkan semua pertandingan yang ada dengan membentuk tim darurat. Apa yang terjadi setelah tragedi itu? Detik ini, penulis hanya tahu Manchester United adalah tim dunia yang membesarkan nama Eric Cantona, Paul Scholes, Ryan Giggs, David Beckham, hingga Cristiano Ronaldo serta masih memiliki jutaan pecinta setia di seluruh pelosok dunia.

***Ada pemandangan menarik disini ternyata, dulu ada pemain bola yang sebelum pertandingan masih sempat menghisap rokok.

United (2011) - 6/10