Saat kejahatan tidak hanya mengenal dunia nyata


Yang membuat menarik film ini adalah nama David Schwimmer. Alasannya karena penulis fans serial Friends. Big fans. Kalau selama ini penulis melihat David lebih dominan sebagai pemain disini David sebagai sutradara.

Tema. Sebenarnya cukup unik. Sedikit di luar mainstream. Intinya adalah kisah korban kejahatan dunia maya. Dan sederhananya adalah cerita akan berkembang seputar kriminalitas, mengejar tersangka, traumatis, balas dendam, jebakan dll. Namun disini sedikit dibelokkan, adalah Annie sebagai korban kejahatan justru mengalami konflik internal dari keluarga juga kolega sekolahnya setelah kejadian.

Kedalam jalan cerita juga tidak biasa. Disini sang korban malah tidak merasa sadar bahwa menjadi korban kejahatan. Mungkin karena faktor usia yang masih labil. Dan disitulah letak konflik utamanya. Yaitu ketika trauma sebuah kejahatan seharusnya dihadapi dengan saling mendukung tapi disini justru membuat keluarga kecil bahagia Will Cameron menjadi "memanas".

Drama seperti ini selain jalan cerita, emosi cerita yang kuat, yang penting lainnya adalah kekuatan akting. Sebenarnya penampilan Clive Owen, Catherine Keener atau Liana Liberato sudah maksimal, hanya kurang terasa. Beberapa poin dalam jalan cerita juga kurang kuat sedikit kaku. Tema penyelidikan kasus kurang dieksplorasi lebih dalam. Pencarian suspect kurang menarik emosi. Penampilan karakter FBI akhirnya juga kurang membantu cerita ini menjadi suspense yang kuat.

Keseluruhan tampil berbeda dalam tema dan konflik namun kurang maksimal menarik mood.

*** Pesan moral dalam film ini menurut penulis adalah menggambarkan realita atau kenyataan seputar kemajuan teknologi masa kini. Internet. Dan internet sejatinya hanya memberi dua hal, positif dan negatif. Peran orang tua sangat besar dalam mengendalikan kemajuan teknologi yang begitu cepat serta mengawasi penggunaannya. ***

Trust (2007) - 6/10