Run Richard Run!


Klasik. Menarik. Horrison Ford dan TLJ menyuguhkan chemistry akting yang sangat bagus dalam film ini.

Helen Kimble terbunuh dan suaminya, Richard Kimble, ditetapkan sebagai tersangka. Semua bukti mengarahkan nama Richard Kimble sebagai tersangka utama. Sebuah faktor X membuat Richard kemudian berstatus buronan.

Dari awal - akhir logika cerita yang dipakai cukup bagus. Logika pun masuk. Hanya bagian kaitan RDU-90 Provasic dan Lentz penulis merasa berat logika ceritanya. Jalan cerita sebenarnya sudah bisa ditebak melalui gaya tak bersalah. Alur ceritanya ringan saja. Bila dirangkum maka ada dua bagian besar yang menjadi isi film. Pelarian dan misteri pembunuhan.

Meski usia Ford terbilang cukup tua namun grafik runaway yang ditampilkan cukup dinamis. Yang membuat menarik dari bab ini adalah formulanya,

Sam -> Richard -> Mr.X

Kedalaman alur cerita pelarian serta mengejar Mr.X ini dijaga baik hingga akhir. Selain itu, ketika film sedang berlari mengikuti Richard, dikembangkan dengan tema lain yaitu, misteri pembunuhan Helen Kimble. Campuran tema terasa natural dan masih masuk logika. Tidak mengada-ada kan cerita. Tidak kaku.

Akting. Chemistry antara HF dan Tommy Lee Jones seperti ditulis di atas cukup bagus termunculkan. Padahal bila diperhatikan, di dalam film boleh dikatakan hampir sebagian besar TLJ dan Ford jarang "bertemu". Namun, kualitas cerita serta akting memang menentukan dalam membuat film berkualitas. Penampilan Ford dengan beban usianya terbilang cukup bagus, TLJ pun demikian. Bahkan sedikit harus kocak melihat gaya kepemimpinan serta ketegasan, Sam.

*** Terakhir, penulis mendapatkan tanda tanya misteri baru. Di line cast credit serta di awal film. Disebutkan ada nama Julianne Moore. Nama besar dengan porsi tampilan yang sangat mini dan bisa dibilang tidak ada link dengan cerita utama menurut penulis.

The Fugitive (1993) - 7/10