Reality show pencitraan lembaga negara


Baru tahu setelah membuka wiki, ternyata film Rusia ini merupakan film remake dari Hongkong. Sayangnya, penulis belum menyimak versi aslinya.

Dari segi tema, sebenarnya cukup unik. Membuat reality show tentang penangkapan penjahat. Caranya dengan memasang kamera pada helm setiap pasukan khusus. Dan, tayangan dari setiap helm disiarkan live.

Semakin ke dalam, ternyata film ini menarik. Menarik karena jalan cerita terasa semakin "konyol". Semua dimulai dari seorang polisi yang menangis karena tidak jadi mati. Militer dibuat "mainan" oleh wanita cantik yang sangat terobsesi popularitas rating televisi untuk pencitraan polisi. Di sela acara live tangkap penjahat yang seharusnya serius dan mendebarkan malah menyisipkan iklan makanan minuman.

Memang akhirnya jatuh pada suasana santai. Bahkan mungkin sasarannya komedi. Drama penyanderaan yang live dan serius menjadi sangat biasa. Ada karakter seorang sutradara yang khusus didatangkan dimana karakter yang dipasang juga tidak serius. Sandera yang sangat friendly menyambut para penjahat. Penjahat yang sangat tenang bahkan masih menyempatkan diri makan bersama. Seperti tidak mau kalah, para penjahat pun melakukan cyber war dengan mengupload video streaming live suasana kekeluargaan yang terjadi selama penyanderaan.

Keseluruhan tema menarik hanya jalan ceritanya kurang jelas apakah laga atau drama atau komedi. Yang menonjol lainnya adalah gaya dan penampilan karakter utama Smirnov disini sepintas mengingatkan pada Donnie Yen.

Newsmaker (2009) - 5/10