Cinta negara, bukan pemerintahannya


Oliver Stone. Epic. Kali ini drama psikologis yang sangat "sakit". Terasa sekali beban karakter Ron Kovic disini. Dan yang lebih menarik adalah karakter Ron Kovic merupakan tokoh nyata.

Film ini memang klasik. 1989. Namun tema kritisnya masih sangat terasa hingga sekarang. Poin babak pertama film ini versi penulis adalah pidato Kennedy yang diterjemahkan "jangan bertanya seberapa banyak negara memberi tetapi seberapa banyak yang telah kau berikan untuk negara." Umum. Sering didengar. Pidato menjadi salah satu "narkoba" bagi Ron Kovic untuk membulatkan tekad kebanggaan ikut berperang di Vietnam. Bahkan bila memungkinkan adalah mati "membela" negaranya.

Poin kedua, Ron sadar atas kesalahan bertubi sekaligus melihat kenyataan. Warga desa yang harus mati dan dalam kekacauan perang dibawah matahari Ron tidak bisa membedakan mana lawan mana kawan.

Poin ketiga, drama Ron yang kembali pulang. Tidak utuh. Tidak hanya kekecewaan yang dibawa melainkan juga kehilangan prinsip bahkan kepercayaannya. Disini digambarkan dengan sangat apik oleh Oliver Stone melalui akting menawan Tom Cruise. Bagi penulis sesi perawatan Ron ini yang sangat tajam sekali.

Poin keempat, yang berkesan bagi penulis adalah mempertanyakan apa yang selanjutnya setelah berkorban jiwa raga. Penulis tertarik dengan adegan Ron yang terjebak di dalam demo anti-war. Tidak ada satupun yang peduli dengan pengorbanannya. Inilah yang terasa sekali ditekankan di film ini. Pengorbanan masa muda untuk sebuah perang.

Klimaks di film ini bagi penulis adalah kampanye calon presiden. Atau masa pemilu. Di tengah pendukung Nixon, Ron yang pernah membela negara di Vietnam justru menghadapi cemoohan ketika menyuarakan anti-war.

Film ini memiliki pesan melalui kisah Ron Kovic bahwa memberi kepada negara atau berbakti kepada negara tidak harus dengan angkat senjata ke medan perang yang jauh dari negara sendiri.

Born On The Fourth Of July (1989) - 7/10

No comments:

Post a Comment