Wo shi shui


Jauh sebelum karakter Bourne dimunculkan ke media film, sudah ada tema sejenis yang lebih dulu muncul pada tahun 1998 dan merupakan film Asia, Who Am I dengan pemeran utama sang legendaris, Jackie Chan.

Penulis bersyukur akhirnya masih bisa mengkoleksi film klasik laga ini. Penulis juga tidak lupa bagaimana perjuangan mendapatkan film yang mulai "langka" ini. Menunggu berjam-jam downloading dengan speed ala kadarnya sampai tenggorokan kering dan asbak yang semakin penuh. VCD film ini mungkin masih bisa didapatkan namun kembali ke masalah fisik yang kadang tidak berkompromi dengan media player versi tua.

Temanya seputar amnesia. Tentang seorang secret agent yang mencari jati diri. Ceritanya mudah saja diikuti sekaligus segar ala komedi aksi Jackie. Laga? Tentu saja hal ini juga menjadi daya pikat kuat. Di film ini Jackie masih terlihat powerfull. Aksi laga yang ditampilkan tertata rapi cepat taktis tangkas dan megah. Memorable scene film ini cukup beragam, penulis suka dengan gaya aksi di arena gurun reli ala Paris-Dakar dan battle dengan sepatu kayu serta terjun bebas dari sebuah gedung.

Who Am I (1998) - 7/10