The Orchid Warrior


Setelah Angelina Jolie lalu ke Saoirse Ronan sekarang dengan Zoe Zaldana yang digandeng Luc Besson dengan Colombiana.

Seorang gadis kecil berusia 9 tahun menyaksikan keluarganya dibantai oleh gembong penjahat, Don Luis. Dengan bekal password memori card, gadis cilik itu transmigrasi ke Amerika dan dilatih untuk menjadi beautiful killer.

Gaya Luc Besson yang terlihat menonjol disini hanya aksi laganya. Aksi laga yang diolah cukup keren hanya penempatan laga dalam alur cerita terasa renggang tidak padat rapat membuat kesan film laga menjadi kabur.

Sedangkan jalan cerita sendiri berlangsung seperti berjalan dengan gigi satu. Lambat. Membuat jenuh. Terlalu kental dengan unsur drama. Akting para karakter juga terasa biasa saja tidak dapat menciptakan feel yang kuat. Banyaknya target yang diburu menjadi film ini kurang fokus padahal inti perjalanan Cataleya adalah hanya menuju Don Luis.

Setelah marathon dalam koleksi pribadi 3 aksi film tentang wanita terampil tangkas full trained beautiful killer, penulis merasa bahwa Hanna merupakan unggulan pertama. Baik cerita maupun laga memiliki feel yang kuat. Urutan kedua ditempati oleh karakter si manis Chenkov Salt yang masih menyimpan twist, dan terakhir si hitam manis Cataleya.

Colombiana (2011) - 5/10