Be(a)ncana sang jenius tak tertandingi

Bean film

Penulis memang menyukai sekali serialnya. Dan bedanya dengan film ini dengan serial aslinya adalah lokasi dan tema cerita. Bila di dalam serial televisi kebanyakan mengambil lokasi cerita di studio dan dipecah menjadi beberapa episode kecil, tapi disini disuguhkan berbeda dengan satu tema utama.

Royal National Gallery di Inggris mengirim utusan terbaiknya ke Grierson Art Galery Amerika untuk menyambut lukisan bersejarah yang dijuduli Ibu Whistler.

Film berjalan dalam 3 kunci besar yaitu intro-konflik-pemecahan konflik. Kedalaman ceritanya cukup bagus. Gaya klasik Bean juga masih saja menghibur. Unik usil kocak tak berdosa dan masih minim dialog. Mimik, tingkah pola ataupun keluguannya juga masih memancing tawa segar. Bahkan pada saat keusilan Bean menjadi bencana bagi David Langley.

Memorable scene dari film Rowan kali ini adalah ketika menyamar secara terpaksa menjadi dokter bedah dan harus menangani polisi yang tertembak. Menyapa pengendara Harley....

#Film ini termasuk golongan lawas, namun tetap bagi penulis film ini memiliki kesegaran khas yang tidak termakan waktu. Cocok untuk penghilang stress.

Bean (1997) - 7/10