Pesan cinta lewat Harry Potter

Sebuah drama yang menceritakan suasana "panas" pasca tragedi 9/11 2001 silam. Tragedi tersebut seperti yang umum ketahui melahirkan sebuah kamp tempat militer Amerika menahan orang-orang terduga teroris. Kamp tersebut disorot dan penuh kontroversial, salah satunya pernah juga di dokumentasi dalam film Road To Guantanamo.

Kali ini, sajian drama yang kurang begitu jelas apakah based on true story atau fiksi belaka. Movielitas sendiri tidak terlalu mempermasalahkan. Latar belakang besar dalam kisah film ini adalah pengalaman seorang prajurit wanita, Cole, yang ditugaskan di kamp Guantanamo.

Menurut Movielitas, yang menjadi konflik utama film ini adalah karakter wanita sebagai perwira, atau serdadu atau apapun sebutannya, yang salah tempat. Dimana untuk bertugas di kamp Guantanamo, Cole yang tidak hanya manis cantik ini memiliki perasaan yang terlalu halus sebagai serdadu. Dan, Kristen Stewart cukup bagus dalam membawakan karakter serdadu wanita yang berparas cantik nan lembut.

Lawan main Kristen disini juga tidak main-main. Movielitas mengenal tokoh Peyman Moaadi lewat film berkelas A Separation. Dan, memang aktor yang cukup berkelas di luar Hollywood. Chemistry yang dibangun antara karakter narapidana dan serdadu ini cukup unik.

Movielitas menilai bila konflik film ini berlatar belakang dengan tema kisah kasih antara bad boy dengan putri kaya raya di lingkungan sekolah, pasti romantis. Atau di lingkungan kuliah, juga pastinya manis. Tapi, disini malah di lingkungan penjara yang mana dalam kasus ini penjara tersebut terkenal dengan kontroversial baik dari sistem maupun operasionalnya. Rasanya menciptakan drama "hampir romantis" seperti disini tidak jelek hanya unik dan "terpaksa aneh".

Setidaknya film ini juga mengirim pesan optimisme bahwa "seharusnya" lah masih ada sudut wanita-wanita dengan latar belakang cadas (disini digambarkan lewat baju loreng militer) tapi memiliki hati lembut dan sudi menilai lawan jenis-nya bukan dari materi.

Keseluruhan, film ini cocok bagi para pecinta drama "hampir romantis". Dan juga pastinya penggemar serial Twilight.

Camp X-Ray (2014) - 6/10