Sekeping ingatan yang hilang di kegelapan kota

Entah kenapa hingga beberapa kali menyetel ulang karena lost story dan beberapa kali juga tertidur, tidak juga mendapatkan selera pas dengan isi cerita disini.

Sesuai judulnya, atmosfir cerita 98% bernuansa gelap. Tidak ada adegan pagi apalagi siang hari. Tiba-tiba saja karakter John Murdoch terbangun dan lost his memory. Dan, film kemudian berjalan dengan petualangan Murdoch mencari jati diri dalam dunia yang terasa aneh baginya.

Bagi Movielitas titik balik film ini ada pada momen inspektur polisi harus terlempar keluar dari arena Dark City. Baru ada sedikit kejelasan bahwa Dark City adalah sebuah dunia lain.

Poin lain yang cukup menarik bagi Movielitas dari film ini adalah dua lagu jazz yang dinyanyikan oleh karakter Emma cukup enak dan easy listening.

Keseluruhan, unik hanya membingungkan. Film aliran neo noir dari sini bisa Movielitas terjemahkan secara bebas adalah film dengan gaya alur cerita serta konflik unik yang kadang mengajak pemirsa lebih dalam menggali makna dari apa yang divisualkan. Ketika terasa membingungkan, berarti belum ada klik atau mungkin juga (belum) bukan selera.

Dark City (1998) - 6/10