Invasi pemerintah dalam pengusiran roh




Film horor standard yang dikemas dengan gaya dokumenter. Memakai gaya wawancara narasumber dan kilas balik. Setting waktu yang digunakan adalah kisaran tahun 70an dimana sebuah institut mempelajari kasus kerasukan roh yang dialami oleh seorang pasien wanita, Judith Winstead.


Dari gaya film (gabungan antara dokumenter dan interview) rasanya sudah cukup banyak film horor belakangan ini yang memakai gaya sama. Berusaha menampilkan kondisi kerasukan senyata mungkin.

Dalam beberapa momen yang diharapkan bisa menjadi suasana horor, terasa ada yang memang janggal. Pertunjukan kemampuan telepati di atas meja tanpa menampilkan bagian bawah meja secara utuh rasanya kurang meyakinkan.

Sebagai pembeda dari film-film horor gaya reality, disini ditambahkan unsur konflik dengan campur tangan militer. Tetap inti terakhir-nya adalah pengusiran roh jahat. Dan, untuk ukuran teknologi tahun 70an, sudah terbilang cukup "modern" dengan sistem transfer roh-nya.

Keseluruhan, kurang begitu menarik. Bahkan kurang begitu tertarik untuk terus fokus ke jalan cerita, karena beberapa adegan dapat ditebak arahnya. Senjata horornya masih seputar adegan-adegan yang diharapkan bisa membuat kaget.

The Atticus Institute (2015) - 5/10