Sekilas tradisi di bulan puasa

Memasuki bulan puasa selalu diikuti dengan beberapa tradisi khas. Antara lain megengan dan berziarah ke makam leluhur.

Megengan diterjemahkan sebagai sebuah acara dalam satu lingkungan bersama dan berkumpul merayakan datangnya bulan puasa. Yang khas dari acara megengan ini adalah jajan apem. Karena itu sering juga disebut apeman.

Untuk kegiatan berziarah kubur, (selain setiap hari Kamis Legi), juga dilakukan pada awal masuknya bulan puasa. Mengunjungi, membersihkan, menabur bunga juga mengirimkan doa bagi sanak dan kerabat yang telah mendahului.

source : halomalang.com
Selama bulan puasa, pastinya pemandangan yang khas adalah pasar takjil. Umumnya sering ditemukan pada jalan-jalan protokol. Selain itu, ada pula patroli sahur yang biasanya menggunakan alat pukul untuk mengingatkan warga segera santap sahur sebelum melakukan puasanya. Dan, mendekati akhir bulan puasa, tidak hanya pedagang makanan dan takjil yang ramai diserbu setiap jam buka puasa, tapi juga pusat perbelanjaan atau mall yang kadang jam operasional-nya bisa lebih panjang dari hari biasa. Maka dari itu tidak salah bila bulan ramadhan juga disebut dengan bulan penuh berkah.

Tidak lupa, Movielitas mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa tahun 2017 ini bagi yang melaksanakannya. Mohon maaf lahir batin. Damai menyertai semua.

No comments:

Post a Comment