Rumah yang belum sempat "dibersihkan"


Sayangnya, hingga saat ini, penulis belum berhasil menemukan versi original dari film Poltergeist tahun 1982. Jadi, agak kesulitan membandingkan versi original dengan versi remake ini.

Bila sudah pernah atau paling tidak terkesan dengan gaya horor ala Insidious, maka melihat film yang diproduseri Sam Riami ini, sepertinya akan terasa familiar. Karena menurut penulis, template horor di film ini kurang lebih sama dengan gaya Insidious.

Mengangkat tema seputar keluarga kecil yang dihantui oleh penghuni gaib yang hinggap di rumah baru mereka. Tak hanya menghantui, penghuni gaib ini juga "sanggup" menculik Maddie, penghuni rumah paling muda. Tentunya, Maddie cilik diculik dan disekap di dunia lain yang bisa "nampak" keberadaannya lewat TV LED modern.

Demi menyelamatkan anak mereka, akhirnya pasangan Eric dan Amy Bowen memutuskan untuk memanggil "orang pintar" lengkap dengan peralatan modernnya.

Yang menarik dari film ini adalah mainan pesawat (drone) milik karakter Griffin Bowen keren sekali. Apakah di jaman 1982 juga sudah menggunakan alat sensor panas, GPS, dan drone ya? Entahlah.

Keseluruhan, biasa saja. Horornya tidak asing untuk saat ini. Konfliknya dan bagian akhirnya, masih dapat ditebak.

*Pastinya masih penasaran dengan Poltergeist original.

Poltergeist (2015) - 6/10