Tidak ada yang benar dalam pusaran kasus Arthur Denning




Dari sisi konflik cerita yang ditawarkan, rumit. Gaya misteri pembunuhan-nya, berat. Drama perseteruan tiga pihak dengan latar belakang pembunuhan, berjalan lamban sekaligus membingungkan. Ada pelengkap twist di ending, tapi sepertinya "terlambat" untuk merubah keadaan.


Tapi, ada sisi menarik yang harus dicatat dari film ini. Sebelumnya ada Chow Yun Fat, Jackie Chan, lalu Jet Li, mereka adalah beberapa nama bintang Asia yang berhasil "menembus" Hollywood. Sebatas pengetahuan penulis yang pernah menyaksikan sendiri adalah Jet Li yang pernah berpasangan dengan aktor berkelas Hollywood senior, Morgan Freeman. Lalu dilanjutkan dengan proyek Expendables-nya Stallone dan kawan-kawan laga-nya.

Kali ini, adalah Lee Byung Hun. Aktor Korea yang bermain apik di I Saw The Devil, film mental psikopat yang jadi favorit penulis. Memang, sebelumnya Lee Byung Hun sudah menembus Hollywood dan pernah sepanggung dengan Bruce Willis, Arnold Schwarzenegger, lalu Dwayne Johnson.

Berkesan buat penulis karena film ini meski secara cerita kurang menarik tapi di dalamnya terdapat dua aktor senior favorit. Al Pacino dan Anthony Hopkins. Mereka memiliki kharisma dan wibawa tersendiri di depan kamera dan pembawaan karakter yang khas. Dan, Lee Byung Hun bisa bermain sepanggung dengan mereka. Keren.

Dari keseluruhan jalan cerita, momen spesial film ini adalah ketika Al Pacino dan Anthony Hopkins duduk di satu meja. Luar biasa dan sangat jarang terjadi di satu film, setidaknya bagi penulis. Dua aktor watak berkelas dipertemukan.

Yang ditunggu-tunggu adalah momen bertemunya Lee Byung Hun dan aktor senior yang ada. Entah dengan Al Pacino atau Hopkins. Hingga mendekati akhir cerita, tidak ada adegan yang mempertemukan mereka. Hingga akhirnya....terjadi juga. Meski cuma sekian menit di dalam lift, menyaksikan bintang Asia bisa beradu akting dengan aktor senior Hollywood, cukup berkesan. Two thumbs up!

Misconduct (2016) - 6/10