Hati Gertrude milik gurun


Sebuah sajian film biografi seorang wanita kebangsaan Inggris, Gertrude Bell.

Alur ceritanya, kurang menarik. Di satu sisi juga berat. Penulis kehilangan link cerita berkali-kali dan harus rewind berkali-kali juga untuk menemukan alur cerita sebenarnya. Di sisi lain, konflik yang diangkat kurang menggigit. Tidak ada emosional apa-apa di dalamnya.

Dapat penulis katakan, film ini kurang bisa menyampaikan atau menyajikan siapa sosok Gertrude beserta sepak terjangnya di dunia politik era akhir 1800 dan awal 1900. Tentunya hal ini akan menjadi "kesulitan" tersendiri bagi yang belum atau kurang akrab dengan sejarah sosok Gertrude Bell.

Penampilan Nicole Kidman sendiri seperti sudah maksimal membawakan karakter utama Gertrude, tapi sayangnya kurang banyak bisa membantu jalan cerita menjadi menarik. Mungkin, salah satu penyebabnya adalah, banyak lompatan timing story, tiba-tiba beberapa tahun kemudian atau tiba-tiba beberapa minggu kemudian.

Secara keseluruhan, penulis hanya bisa menangkap sosok Gertrude adalah sosok wanita Inggris (kelas bangsawan) yang ingin belajar dunia luar. Seiring nasib Gertrude dalam percintaan yang tidak berjalan bahagia, Gertrude memaparkan hati dan sebagian hidupnya dalam sebuah perjalanan panjang di padang gurun sebagai pengembara kebudayaan sekaligus politikus dan penulis.

Di dalam kisah nyatanya, perjalanan tandus di padang gurun oleh Gertrude Bell, membawa pengaruh positif bagi diplomasi politik kerajaan Inggris saat itu, khususnya di kawasan Arab, Turki, dan sekitarnya.


Queen Of The Desert (2015) - 5/10