Memilih reputasi untuk eksistensi dalam era globalisasi

Dalam jaman serba teknologi sekarang ini, seperti "diwajibkan" bahwa setiap orang yang ingin berpartisipasi dalam ber-teknologi harus memiliki akun. Setelah akun dimiliki, entah membuat sendiri atau dibuatkan orang lain, barulah memiliki tiket kesempatan, yang mungkin di jaman sebelum smartphone, terasa sangat mahal dan mewah. Yaitu tiket menjadi terkenal.

Menjadi dikenal di dunia internet tidak semewah atau sesulit di televisi konvensional, atau pun audisi idol yang hakim juri-nya seperti dewa-dewi yang bisa men-judge sana-sini. Asalkan konsisten, kreatif, dan be yourself, siapapun bisa terkenal di dunia online.

Siapapun dengan latar belakang apapun bisa menjadi terkenal di dunia online dengan berbagai media yang disediakan. Lewat sosial media, lewat youtube, atau juga media tulis menulis di dunia blog. Dan, menjadi famous erat kaitannya dengan hal reputasi.

Reputasi, versi penulis, adalah pilihan. Mengapa demikian? Karena reputasi dibentuk dari hal yang ditampilkan. Ketika apa yang ditampilkan (status media sosial, ditulis di blog atau konten video youtube) bernada negatif melulu (bernada hujatan, ikut ber-politik instan, jualan produk MLM,dsb) tentu saja reputasi akan mengikuti. Sebaliknya, bila status di sosmed bernada motivasi ala Mario Teguh atau tulisan blog yang adem di hati, juga konten video yang berisi konten lucu-lucu an, tentu reputasi nya pasti positif. Mudah.

source : reputasionline.com
Tapi, reputasi di dunia online, layaknya seperti cover (sampul luar) sebuah buku. Dan, pepatah Rusia mengatakan don't judge a book by its cover. Sebaik-baiknya atau sebaliknya, menilai reputasi orang (atau mungkin juga produk) di dunia maya, akan lebih baik bila sudah mengenalnya secara langsung. Lebih fair.

Happy choosing...




3 comments:

  1. Reputasi online harus terjaga memang demi eksistensi di dunia maya

    ReplyDelete
  2. TOS dulu ahhhh.
    Quote samaaaa : don't a book by the cover (versi tulisanku).

    ReplyDelete
  3. Setuju sih. Seseorang nggak bisa dilihat dari sosial medianya aja. Harus kenal langsung (di dunia nyata) biar pasti :)

    ReplyDelete