Mata-mata Korea


Film Korea kali ini menampilkan drama aksi dicampur dengan rasa komedi.

Berkisah tentang pihak yang berusaha mengambil kesempatan memperburuk kemelut Korea Utara dan Selatan. Untuk menangani pihak tak bertanggung jawab tersebut, Korea Selatan mengutus seorang agen rahasia.

Sisi komedinya seputar agen rahasia yang menyembunyikan identitas profesinya di depan sang istri. Tidak terlalu kocak, tapi lumayan menghibur.

Sisi konflik terorisme yang berusaha memperkeruh Korea Utara-Selatan, ini yang sedikit berat dicerna. Terlalu luas dan sulit. Ruwet. Kurang simple. Apalagi dicampur dengan komedi antara istri agen rahasia dengan target teroris. Bingung.

Sisi aksi laganya, lebih banyak menampilkan adu tembak daripada aksi bela diri khas Korea. Lumayan dengan permainan visual ledakan dan aksi laga di ketinggian, tapi tetap saja rasanya ada yang kurang bila film aksi laga Korea tidak memasukkan unsur khas aksi beladiri Korea yang "bersih dan rapi".

Keseluruhan, drama-aksi-komedi ini biasa saja. Mungkin akan lebih menarik bila konfliknya dibuat sederhana tanpa banyak karakter.

The Spy : Undercover Operation (2013) - 6/10