Antara hidup dan mati di atas papan permainan baduk


Sebuah film drama dicampur aksi laga dari Korea. Berlatar belakang tentang sebuah permainan baduk atau GO yang level permainannya tidak hanya dengan taruhan uang tapi juga nyawa.

Soal permainan baduk atau GO ini menjadi nilai minus film ini, setidaknya buat penulis. Karena, tentu saja film ini akan lebih mudah dicerna apabila mengetahui permainan baduk itu sendiri.

Plot cerita film ini sebenarnya mudah saja. Balas dendam. Saling tusuk-menusuk antara karakter baik dan yang jahat. Yang dulu ditusuk, kemudian menuntut balas dengan menusuk.

Hanya saja, sesi pembalasan di sini, terasa kurang natural. Terlalu dibuat "megah" untuk sebuah pembalasan. Bagi penulis, akan lebih dramatis bila pembalasan dilakukan oleh seorang diri tanpa melibatkan tim.

Yang menjadi nilai plus film ini, aksi laganya. Masih tetap terkesima menikmati aksi laga khas Korea, yang memiliki ciri khas "bersih, rapi, dan cepat".

Karakter yang menonjol buat penulis adalah Lee Boom So. Beberapa kali sudah menyaksikan film Korea dengan memakai Lee Boom So sebagai aktor pendukungnya. Hanya, baru kali ini melihat Lee Boom So bermain sadis. Dan, bagus. Luar biasa kualitas aktingnya. Karena bagi penulis, mimik wajah Lee Boom So lebih cenderung cocok dengan film bernuansa drama manis atau komedi. Tapi disini, Lee Boom So sukses memainkan karakter seorang pemain baduk yang berdarah dingin.

Keseluruhan, plot ceritanya tidak baru. Tapi tetap bisa menghibur. Ditambah dengan beberapa aksi laga yang menarik diperagakan oleh Jung Woo-sung.

The Divine Move (2014) - 6/10