Saat lagu Sad Letters mengudara di radio...


Kesan dari film ini adalah menarik dan menggemaskan.

Menarik karena plot misterinya memang bagus. Ada dua karakter yang saling membantu membangun suasana misterinya menjadi sebuah plot yang menarik. Dan, kisah dalam film ini diangkat dari kejadian nyata.

Berkisah tentang sebuah misteri pembunuhan berantai di sebuah kota kecil di Korea Selatan. Adalah Park Doo Man, seorang detektif lokal, yang mendapatkan tugas mengusut kasus pembunuhan berantai kepada sederetan korban wanita cantik.

Kemudian, muncul seorang detektif lainnya, Tae Yoon. Seorang detektif dari Seoul yang ditugaskan untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai.

Mereka berdua (Doo Man dan Tae Yoon memiliki "tugas" sendiri-sendiri dalam film garapan sutradara Bong Joon Ho ini.

Ada 3 petunjuk utama untuk menuju seorang tersangka. Yaitu, malam hari dengan guyuran hujan. Wanita berbaju merah yang saat kejadian selalu sendirian. Dan, setiap kali pembunuhan (akan) terjadi selalu ada lagu Sad Letters yang mengudara dari sebuah stasiun radio.

Akting kompak dari Song Kang Ho sebagai Doo Man dan Kim Sang Kyung sebagai Tae Yoon, berperan besar memberi warna dalam film ini. Karakter polisi Doo Man, memberi rasa komedi dengan gaya penyelidikan yang kadang terasa konyol. Sebagai "penawar" ada karakter polisi,Tae Yoon, yang cenderung bergaya serius dan cerdas.

Sepanjang film berjalan, penulis menghadapi setidaknya ada keseimbangan antara drama, misteri, dan komedi yang memiliki porsi masing-masing secara pas.

Kedua, kesan film adalah menggemaskan. Rasa minat yang besar membuat penulis bertahan menyimak dari awal. Akan tetapi, baru penulis ketahui bahwa baik di film maupun di kisah nyata-nya, kasus pembunuhan berantai yang mengincar wanita cantik ini ternyata menemui jalan buntu alias menjadi kasus beku atau unsolved crime.

Penulis belum bisa meraba ending cerita dimana seorang gadis belasan tahun menceritakan bahwa ada orang yang sedang mengamati selokan di sawah dengan wajah datar...

Keseluruhan, bagus. Bungkusan cerita misterinya menarik disimak hingga akhir.

Memories Of Murder (2003) - 7/10