Sang Naga yang tertinggal di Amerika


Dulu, sebelum Jet Lee ke Amerika kemudian bergabung dengan tim yang dikepalai oleh Stallone dan Statham, Jet Lee ternyata juga pernah "terdampar" di Amerika pada masa mudanya. Sebagai atlet wushu, Jet Lee "tertinggal" karena berusaha membujuk rekannya untuk ikut kembali pulang ke China. Parahnya, selama tersesat di Amerika dulu Jet Lee masih belum bisa berbahasa Inggris.

That's joking. Film ini hanyalah nostalgia. Film yang membuktikan kerja keras seorang Jet Lee di dunia akting. Bahwa kesuksesannya sebagai aktor laga Asia yang berhasil menembus Hollywood dan bergabung dengan aktor laga Hollywood, Jet Lee sudah pernah membuat film dengan background lokasi Amerika. Tentu saja, lawan main Jet Lee bukan lah pemain familiar. Meski begitu, nilai nostalgianya cukup besar karena dulu sebelum marak televisi swasta, menonton film ini sudah seperti "kemewahan" tersendiri.

Lalu, poin tambahan yang membuat film ini semakin menarik adalah duet Jet Lee yaitu Stephen Chow!! Kocak, pasti. Meski tidak seratus persen menjadi film laga komedi, namun penampilan Stephen sudah cukup menghibur.

Jika dilihat dari aktingnya, penampilan Jet Lee disini justru terbilang bagus. Disini Jet Lee bermain "natural" sebagai pemuda atlet wushu yang berkunjung ke Amerika.

Konfliknya lumayan, tidak dangkal. Untuk gaya aksi laganya cukup lumayan. Ditata menarik dan mantab. Penulis suka gaya laga Jet Lee terutama yang sambil terbang. Keren.

Keseluruhan, meski klasik, film ini memiliki nilai nostalgia bagi penulis. Menghibur dengan gaya kocak Stephen Chow dan kungfu Jet Lee. Dan, menjadi ciri khas Jet Lee yang keren lainnya adalah "pantang" memamerkan otot. Meski memiliki ilmu beladiri yang powerfull, Jet Lee kerap memakai pakaian tertutup berlengan panjang. Seperti juga yang dilakukan di film ini.

Dragon Fight (1989) - 7/10