Polisi kota kecil menghadang laju buronan kelas kakap FBI


Film ini lebih tepat sebagai temu kangen dengan bintang laga klasik besar yang pernah ada. Dan memang kesan yang tertangkap adalah jualan nama besar. Tapi, tak penulis pungkiri bahwa alasan mendasar memilih film ini adalah nama Arnold Schwarzenegger.

Cukup berani plot ceritanya. Tidak hanya bermain laga ledak aksi tembak sana-sini, tapi plot cerita bergulir dalam dua kisah yang awalnya berjalan sendiri-sendiri.

Selain Arnold, film ini dibantu oleh nama Forest Whitaker yang bermain sebagai agen FBI yang sedang memburu sang buron yang hendak mencapai garis perbatasan Mexico.

Sedangkan Arnold kebagian peran sebagai polisi Sheriff di kota kecil yang dekat dengan perbatasan Mexico, Sommerton Junction. Dan punya masalah sendiri dengan kriminalitas pembunuhan di kota kecil-nya.

Dari sisi aksi laga, terasa sekali fisik Arnold yang sudah tak lagi seperti masa jayanya pada saat Terminator. Usia selain membuat wajah menua juga dalam beberapa momen laga, gerakan Arnold terasa "berat". Disini juga, Arnold tidak diberi kesempatan memamerkan otot-otot binaraganya. Bahkan sepanjang film, selalu memakai kostum lengan panjang.

Dan, tensi film ini juga tidak terlalu serius, ada bumbu-bumbu komedi kecil yang ditebar dengan kehadiran Johnny Knoxville dan Luis Guzman.

The Last Stand (2013) - 6/10