Berpacu dengan shelby


Nama Ethan Hawke menjadi alasan pertama memutar film ini. Konsep plot ceritanya sebenarnya merupakan favorit penulis. Plot konflik ceritanya bersetting sehari semalam saja. Ringan. Tak bertele-tele.

Tiba-tiba diculik. Dan demi menyelamatkan yang diculik ini, ada seorang pria yang terpaksa membabi-buta memacu mobil sport di tengah keramaian kota.

Lalu, muncullah seorang wanita muda sebagai partner. Di titik inilah, penulis kurang begitu nyaman dengan plot cerita. Chemistry cerita yang dimunculkan semakin aneh. Kehadiran Selena Gomez sebagai wanita bersenjata yang kemudian diketahui memiliki intelektual canggih di bidang IT yang kemudian juga secara sukarela ikut campur ikut repot, kurang menarik. Terlalu "cepat" dan aneh.

Aksi laganya, memang lumayan padat merapat. Hanya jeda sebentar lalu beraksi, jeda sebentar beraksi lagi. Namun, bila dibandingkan dengan aksi mobil ala Fast Furious, penulis rasa kehebohan aksi laga disini masih kalah dibawah Torneto cs. Tetapi, tetap saja ada bagian aksi laga pacu mobil di sini yang menarik, penulis suka dengan bagian kejar-kejaran pada saat menjelang pagi. Disitu momen kejar-kejaran di shoot ala "bemper view".

Yang sedikit mengecewakan adalah bagian endingnya. Kurang mantab dan lemah.

Bagaimanapun juga, film ini tentu saja buat penulis cukup berani untuk tampil beda. Dari sisi plot cerita memakai setting sehari semalam. Ringan. Tak banyak cabang dalam konfliknya, fokus satu masalah yaitu penculikan.

Gaya pembalap Ethan Hawke sendiri lumayan, hanya pemasangan Selena yang kurang pas. Gaya shoot multi-kamera di dalam mobil ataupun di tubuh mobil, cukup kreatif.

Keseluruhan, lumayan hanya kurang maksimal. Daya plot cerita yang ditawarkan tidak sekuat aksi laganya.

Getaway (2013) - 6/10