Temukan "mengapa" dulu, baru menikmati cara "bagaimana"

Salah satu blogger yang cukup diakui secara internasional adalah Jeff Bullas setidaknya demikian info yang ditampilkan lewat web jeffbullas.com.

Tampilan:

Menggunakan CMS wordpress yang sedang umum. Cukup "ramai" tampilannya. Banyak menu pop-up yang tiba-tiba muncul.

Patokan penulis kecepatan loading (versi mobile) itu penting. Bila ditinjau dari segi kecepatan loading, versi penulis dengan handphone tipe lama, cukup berat dipengaruhi juga lokasi serta koneksi tentunya. Hasil dari Google Page Insight juga menunjukkan (masih) "Merah" untuk versi mobile dan desktop. Sepertinya juga web Jeff Bullas ini belum tersedia versi mobile.

screenshot jeffbullas.com
Isi:

Dari website ini akan tahu siapa Jeff Bullas ini. Beliau adalah seorang blogger, penulis buku, serta pembicara yang mengkhususkan diri pada bidang Social Media Marketing.

Prestasi yang diraih oleh seorang Jeff Bullas telah diiakui oleh media kenamaan internasional, antara lain:

- Ranking 8 di Forbes "The World's Top 40 Social Marketing Talent" 2014

- Terdaftar di salah satu dari Top 50 Social Media Power Influencers 2013

- Masuk ke dalam ulasan New York Times

- Masuk dalam jajaran Top 100 Business Leadership and Technology Twitter Accounts You Must Follow versi The Huffington Post.

Lewat jeffbullas.com ini, Jeff Bullas sedang berbagi ilmu seputar pentingnya membangun brand bagi seorang blogger khususnya lewat media sosial.

"...Its focus is to assist business in "getting found online" in a digital world and making you visible dan successful on a crowded web."

(Berfokus pada membantu sebuah "bisnis" (personal/company) dengan mudah ditemukan di dunia online (internet). Dan, membuat bisnis kita semakin "terlihat" serta sukses di antara ribuan website yang telah ada saat ini)

Strategi marketing dalam blogging yang dibagikan oleh Jeff Bullas ini tidak hanya disampaikan lewat postingan demi postingan, juga ada dalam bentuk buku. Selain itu juga Jeff Bullas juga memiliki penawaran khusus dengan jasa consulting untuk membangun kegiatan blogging secara lebih profesional.

Kesimpulan:

Bagi para blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi, tentunya web milik Jeff Bullas ini bisa menjadi referensi alternatif tentang "Bagaimana" mencetak sebuah lahan prestasi dan mendapatkan penghasilan lewat blogging dengan kombinasi marketing sosial media.

Amati-pelajari-modifikasi-eksekusi.

Tanpa modifikasi, dan hanya meniru tentu akan sulit karena beda iklim/negara tentu beda cara antara dunia blogging barat dan timur. Begitu juga tanpa proses belajar, hanya modifikasi, akan susah. Lebih susah dan jauh lebih sulit lagi, bila proses belajar serta modifikasi sudah terlampaui tapi minus eksekusi, percuma.

Di antara semua menu yang ada di jeffbullas.com ini, penulis menilai menu paling vital adalah menu Get Started. Karena di menu ini ada ulasan seputar "WHY" atau "Mengapa" memulai menulis blog (versi Jeff Bullas sendiri).

Menurut versi penulis, secara umum tak hanya blogging, tanpa dasar "Mengapa" yang kuat, sehebat-seampuh apapun tips dan trik yang diberikan tentu akan melelahkan.

Sebaliknya, bila memiliki atau sudah menemukan "Mengapa" yang kuat, maka (umumnya) proses "bagaimana" dan sesederhana apapun sebuah cara akan terasa lebih ampuh.

Jadi, sebelum mencoba mempelajari sekian banyak tips dari Jeff Bullas seputar blogging dan strategi marketing digital-nya di jeffbullas.com, ada baiknya mempersiapkan sebuah jawaban "mengapa harus blogging?" versi diri sendiri.

11 comments:

  1. Saya senang bisa ubek-ubek situsnya :)

    ReplyDelete
  2. @rahmah, ayo sekalian dipelajari ilmunya....:)
    Thx commentnya

    ReplyDelete
  3. Bener banget, sebelum kita menentukan "Bagaimana" cara kita membawa blog kedepannya, ada baiknya kita lebih dulu tau "Mengapa" kita memutuskan untuk ngeblog.


    Eh, bener nggak sih itu yang dimaksud. 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. @elisa,hmm...#garuk2,kayaknya sih iya bener gitu koq... :)
      Thx commentnya bu

      Delete
  4. Selain dalam hal peradaban barat dan timur juga ada di dunia blogging ya. dunia blogging barat dan timur. He

    @adibriza

    ReplyDelete
    Replies
    1. @adibriza, iya ada. Paling kelihatan kan dari segi bahasa. Penggunaan bahasa Inggris sepertinya lebih bisa "masuk" secara internasional :)

      Thx commentnya pak

      Delete
  5. Udah menginternasional, napa gak nyediain versi mobail ya. Sudah berumur tapi tetep nulis dan belajar.
    @rizalarz

    ReplyDelete
  6. Setuju. Karena kita yang lebih mengenal diri dan juga blog kita sendiri

    ReplyDelete
  7. iya memang bagus banget untuk dijadikan referensi pembelajaran seputar blogging dan sosial media marketing. tapi aku kurang paham bahasa Inggris T_T

    @gemaulani

    ReplyDelete
  8. Senang bisa menemukan banyak hal baru di sana. :)

    @epatyci16

    ReplyDelete
  9. mesti rajin baca2 webnya.. memng keren

    ReplyDelete