Sejarah India di Liga Baseball Amerika


Pertama kali melihat pembukaan ala Disney, sempat bertanya-tanya mengapa ada embel-embel Disney di film ini, dengan intro backsong India ...

Semakin ke dalam, hingga film berakhir, penulis baru menyadari, memang ini ciri khas Disney yaitu selalu berbagi inspirasi. Dan, memang nyata film ini menginspirasi. Dan, memang nyata film ini berdasarkan kisah nyata.

Mungkin memang sejarah Disney, yang konon menjadi "raksasa" di dunia hiburan anak, berangkat dari "ke-tidak mungkin-an", besar dari keajaiban bila kita percaya pada keajaiban.

Film Disney kali ini menceritakan tentang Dinesh dan Rinku yang menjadi atlet India pertama di Liga Baseball Profesional di Amerika. Mereka direkrut melalui kontes Million Dollar Arm yang unik dari ide seorang Mr. JB sir.

Dan, film ini bukan berbicara pada bentuk kontes unik tersebut melainkan tentang siapa Dinesh dan Rinku sebelum menjadi pemain baseball internasional. Disinilah titik inspirasi yang dibagikan oleh Disney. Keberhasilan Dinesh dan Rinku terbang ke Amerika dengan bermodalkan kekuatan lengan, menjemput mimpi mereka, diharapkan bisa membangkitkan inspirasi bagi setiap anak dimanapun untuk berani bermimpi dan mimpi bukanlah semata milik orang kaya.

Ada bintang lain buat penulis yang menginspirasi yaitu karakter Amit. Disini karakter Amit diceritakan bekerja sama dengan JB, dengan tarif free alias tanpa bayaran. Dengan bermodalkan keceriaan yang tulus, akhirnya bisa membawa Amit ikut ke Amerika meski hanya sebagai penerjemah.

Sisi menarik dari film kali ini adalah banyak hal positif yang bisa dipetik, khususnya dalam hal berani bermimpi. Selain itu dari segi tampilan, film berlatar belakang India ini tidak lupa memasukkan nama A.R. Rahman sebagai pengiring musiknya. Seperti di Slumdog, lagu-lagu etnik India dipadu dengan musik hip-hop yang rancak dinamis mempercantik jalan cerita.

Keseluruhan, menghibur sekaligus memberi inspirasi.

Million Dollar Arm (2014) - 7/10