Persaudaraan yang tertikam prinsip



Lagi, film yang emosional dari Korea. Kali ini mengangkat tema persahabatan yang harus "terluka" akibat prinsip. Jadi setidaknya serial Friends bikinan Amerika mempunyai tandingan Friend ala Korea. Dan, menurut data, yang semakin membuat film ini semakin menarik adalah berdasarkan pengalaman pribadi sang sutradara.

Alur ceritanya beruntung tidak berat. Ditata dengan grafik yang menanjak dengan tempo pelan memberi rasa seimbang. Dimulai dengan perkenalan tentang empat sahabat yang sama-sama tinggal di Busan. Mereka memiliki latar belakang keluarga yang berbeda satu sama lain. Persahabatan mereka tak hanya persahabatan edukatif di sekolah namun juga di luar sekolah, suka duka dilewati bersama.

Menjelang dewasa, pilihan hidup memaksa mereka harus terpisahkan. Dua orang memilih karir menjadi anggota mafia, sedangkan satu tidak jelas, satu lagi (mungkin) yang melatarbelakangi film ini. Apa jadinya bila pilihan menjadi anggota mafia harus memisahkan sahabat sejak kecil? Inilah yang menjadi konflik utamanya.

Bagaimana memunculkan rasa indahnya persaudaraan dalam persahabatan yang kuat terikat di antara empat karakter tokoh dalam cerita, yang membuat film ini cukup emosional. Setidaknya bumbu cerita persahabatannya cukup mampu menggambarkan bagaimana kondisi mereka saat masih darah muda yang bersekolah. Yang kemudian secara pelan dijungkir balik menjadi sebuah cerita perseteruan panas harga diri organisasi mafia.

Friend (2001) - 7/10