Mimpi buruk di Overlook Hotel


Bila diamati sepertinya horor yang ditampilkan disini lebih ke horor psikologis dengan tampilan akting kelas Jack Nicholson yang lambat laun tiba-tiba berubah menjadi sosok menyeramkan.

Konfliknya yang kurang begitu penulis pahami sebab banyak "cerita" yang dihororkan disini. Mulai dari kemampuan Danny yang mampu melihat hal-hal gaib hingga membaca pikiran serta berimajinasi sendiri. Perubahan karakter Jack sendiri kurang begitu penulis pahami asal-muasal penyebabnya. Entah karena kesendiriannya di Overlook atau karena kerasukan sesuatu selama proses mengetik penulisan bukunya. Atau apakah memang hotel tersebut yang berhantu seperti yang dilukiskan di ending cerita dalam sebuah potret?

Horornya sendiri juga biasa saja. Menampilkan wujud kembar atau tumpahan air darah terasa tak menegangkan. Mungkin karena pengaruh lintas waktu klasik-modern atau memang kurang bisa begitu mencerna cerita, yang pasti horor yang ditampilkan disini terasa biasa saja. Hanya yang menonjol adalah akting Jack Nicholson itu sendiri.

Melihat Jack dengan gaya rambut klasiknya serta gerak-geriknya sekilas spontan teringat gaya Jim Carrey.

The Shining (1980) - 6/10