Peninggalan sejarah terjajah perang antar saudara sendiri


Film milik HBO yang menceritakan tentang sejarah satu pembantaian terhebat yang pernah ada. Tepatnya di Rwanda. Dan, semua terjadi akibat peninggalan penjajahan jaman dahulu kala. Antara Hutu dan Tutsi. Mereka bersaudara namun "dipecahkan" oleh penjajahan bangsa Eropa.

Alur ceritanya sedikit "berat" karena jalan cerita maju-mundur. Setting tahun 2004 menceritakan pengalaman seorang guru, Muganza, yang pada tahun 1994 mengalami masa-masa perih akibat harus terpisah dari keluarga hanya karena beristrikan lain suku. Tak hanya pengalaman Muganza sebagai tokoh sentral tetapi juga pengalaman dan cerita karakter lainnya juga dilebur dalam alur cerita Muganza ini.

Kalau konflik, HBO sudah cukup bagus mengambil sisi perih sebuah peperangan. Mereka yang tidak terlibat, mau tidak mau ikut bersimbah darah kehilangan segalanya.

Pesan moral film ini, bahwa tak ada yang baik dari sebuah peperangan. Hanya melahirkan penderitaan ketidaktenangan serta hidup dalam penjara ketakutan.

Menariknya, tentu saja bila dipandang dari sudut lain, film ini menjadi gerbang pengetahuan sejarah. Paling tidak bagi penulis, dari yang sebelumnya tidak tahu akhirnya menjadi tahu. +ilmu.

Sometimes In April (2005) - 6/10